Skip to content

Pengertian Tes Minat, Tes Bakat, Prestasi dan Intelegensi dan Cara Skoringnya

Pengertian Tes Minat, Tes Bakat, Prestasi dan Intelegensi - Pengertian jenis tes perlu dipahami sehingga dapat digunakan dengan tepat sesuai tujuan. Mahasiswa memahami persamaan dan perbedaan Tes Bakat, Minat, dan Prestasi serta kegunaan masing-masing tes sehingga dapat menentukan aplikasinya secara tepat.

Tes Minat, Tes Bakat, Tes Prestasi, dan Tes Inteligensi

Jenis tes dapat bermacam-macam. Penggolongan dan penggunaan tes harus dipahami dasar sifat dan tujuannya sehingga tidak salah sasaran. Jenis tes yang sering digunakan terutama dalam bidang pendidikan dan pekerjaan adalah:

  • Tes Inteligensi
  • Tes Bakat
  • Tes Minat
  • Tes Prestasi

 

Pengertian Tes Minat, Tes Bakat, Prestasi dan Intelegensi_
image source: www.volume.at

Tes Kecerdasan / Inteligensi (Intelligence)

Merupakan tes yang disusun dan dikembangkan untuk mengetahui kemampuan dasar individu secara umum. Tes kecerdasan tradisional, meskipun terkadang ada yang memiliki beberapa subtest, namun sebenarnya dirancang untuk mendapatkan angka global tunggal ukuran tingkat perkembangan kognitif umum individu. Keluaran angka ini kemudian sering disebut sebagai Intelligence Quotient (IQ).

Contoh Tes Kecerdasan : WAIS, WISC, Stanford-Binet

Tes Bakat (Aptitude)

Merupakan tes yang disusun untuk mengetahui kemampuan individu dalam bidang-bidang khusus. Tes ini muncul karena adanya perkembangan praktis maupun teoretis yang mengarahkan pada bakat-bakat (aptitudes) yang dapat dipisah-pisahkan yang terdapat dalam tes kecerdasan. Perkembangan ini mendorong penyusunan tes-tes terpisah untuk mengukur beberapa bakat yang aplikasinya luas.

Melalui tes bakat, maka variasi intraindividual dapat terlihat di dalam individu. Tes bakat dapat membandingkan posisi relatif individu pada subtes-subtes yang berbeda, yang mana tes inteligensi tidak dirancang untuk kegunaan ini. Dalam tes inteligensi, memang bias jadi terdapat banyak subtes, akan tetapi subtes atau kelompok item yang ada seringkali tidak reliable untuk mendukung pembandingan intra individu. Hal ini dikarenakan dalam penyusunan tes inteligensi memang item dan subtesnya biasanya dipilih untuk menghasilkan ukuran tunggal dan konsisten secara internal. Dalam prosesnya, usaha ditujukan untuk meminimalkan, bukan memaksimalkan variasi intra individual. Subtes-subtes dan item-item yang korelasinya rendah dengan subtes dan item lain dalam skala biasanya justru dihilangkan. Padahal bagian ini justru mungkin akan dipertahankan bila penekanannya pada variasi intraindividual atau diferensiasi kemampuan individual seperti pada tes bakat.

Contoh tes Bakat : Differential Aptitude Test (DAT), General Aptitude Test Battery (GATB).


Tes Minat (Interest)

Merupakan tes yang disusun untuk mengetahui minat seseorang berdasarkan sikapnya pada suatu jenis kegiatan atau pekerjaan tertentu.

Contoh Tes Minat: The Rothwell-Miller Interest Blank.

Tes Prestasi

Merupakan tes yang disusun untuk mengetahui penguasaan pada subyek yang telah dipelajari sebelumnya.

Contoh Tes Prestatif: Ujian Tengah Semester, Kuis.

Persamaan Tes Bakat dan Tes Prestasi

  • Mengukur efek pengalaman dan pembelajaran (developed abilities).

Perbedaan Tes Bakat dan Tes Prestasi

TES BAKAT TES PRESTASI
Mengukur efek kumulatif dari pengalaman yang bervariasi Mengukur pengalaman yang seragam > misalnya pelatihan pelajaran tertentu
Mengukur pengaruh belajar yang relatif tidak terkontrol dan kondisinya tidak diketahui Mengukur pengaruh pembelajaran dalam situasi terkendali
Dapat digunakan untuk meramalkan unjuk kerja di masa yang akan datang dalam situasi berbeda Menggambarkan hasil belajar atau status individu setelah menyelesaikan suatu pembelajaran / pelatihan

Published on Categories HOME

About admin

Full Internet Marketer Bidang Psikologi, Manajemen SDM, dan Marketing. Menyukai bidang psikologi, karena sangat menarik dipelajari. Manajemen mulai digeluti karena berhubungan dengan psikologi. Marketing berhubungan dengan konsep cara menjual produk. Merasa asyik belajar membuat desain marketing yang unik. Salam

Leave a Reply

%d bloggers like this: