Skip to content

Personal Meaning

Personal meaning dianggap menjadi salah satu hal yang penting yang menggerakkan individu mencapai prestasi. Selain itu, Frankl (dalam Wiebe, 2001) memandang bahwa seseorang yang memiliki personal meaning yang positif (fulfillment of personal meaning) dalam kehidupan, berkontribusi kepada harapan dan optimisme dan menghargai terjadinya suatu masa buruk dalam siklus kehidupan.

Bilamana terjadi suatu kejadian atau peristiwa buruk, personal meaning diyakini dapat membantu memunculkan kebangkitan diri individu dari keadaan yang tidak diinginkan. Frankl (dalam Wiebe, 2001) berkeyakinan bahwa meaningfulness (kebermaknaan) dalam hidup, berhubungan dengan self esteem yang tinggi dan perilaku yang murah hati terhadap orang lain, sedangkan meaningless (ketidakbermaknaan) dalam hidup berasosiasi dengan ketidakpedulian atau melepaskan diri (diengagement).

Powered by WPeMatico

Published on Categories HOME

About admin

Full Internet Marketer Bidang Psikologi, Manajemen SDM, dan Marketing. Menyukai bidang psikologi, karena sangat menarik dipelajari. Manajemen mulai digeluti karena berhubungan dengan psikologi. Marketing berhubungan dengan konsep cara menjual produk. Merasa asyik belajar membuat desain marketing yang unik. Salam

Leave a Reply

%d bloggers like this: