Waspadai Somatoform Disorder

By | February 28, 2014
Dani Tri Astuti, S. Psi. M.Psi

Dani Tri Astuti, S. Psi. M.Psi

Konsultasi oleh Dani Tri Astuti, S. Psi. M.Psi, Psikolog Berpengalaman sebagai konselor dan tester di beberapa institusi pendidikan dan rumah sakit. Tergabung dalam lembaga Psychological Assesement.Centre “LOVE”, assessment centre di bidang klinis, pendidikan, serta industri dan organisasi.

Tentang Dani Tri AstutiEmail Dani Tri Astuti

Pertanyaan:

2 tahun yang lalu saya menjalani operasi karena adanya benjolan di payudara dan alhamdulillah tidak ganas, lalu setahun kemudian saya merasakan sesuatu yang tidak enak pada leher saya, dan ternyata terdapat benjolan struma yang harus di angkat. setelah operasi struma saya masuk ICU dan dirawat hampir seminggu, saya merasa lelah dengan sakit, saya takut dengan penyakit dan saya benci operasi. sejak kejadian yang saya alami tersebut, saya sering merasa bahwa diri saya memiliki penyakit, saya menderita penyakit, saya menjadi selalu tidak tenang karna riwayat penyakit saya sendiri.

Contohnya: saya pernah mengalami sakit sedikit pada leher saya, saya gelisah,, takut dan merasa saya menderita penyakit mungkin tiroid yang bisa menjadi kanker, saya juga pernah nyeri pada bagian bawah perut, saya gelisah dan takut bahwa itu adalah kanker serviks, pada intinya sedikit rasa sakit saya rasa, saya langsung takut dan cemas kalau” itu adalah sebuah penyakit yang berbahaya.

Saya lelah menjadi seperti ini, bayang” penyakit tidak pernah bisa lepas dari pikiran saya, saya takut sakit, saya tidak mau lagi dirawat apalagi di operasi, tapi keyakinan saya akan penyakit terlalu kuat padahal orang di sekeliling saya selalu meyakinkan bahwa itu hanya nyeri biasa.

Lalu, apa yang harus saya lakukan dalam menghadapi ini ? (AIL, 21, Mahasiswa)

Jawaban:

Dear A..

Yang anda alami merupakan salah satu hasil dari pengalaman di masa lalu, yang menyebabkan perasaan yang kurang menyenangkan. Kewaspadaan terhadap diri anda sangatlah baik, namun jika berlebihan akan merugikan anda sendiri. Seperti yang telah anda kemukakan “saya juga pernah nyeri pada bagian bawah perut, saya gelisah dan takut bahwa itu adalah kanker serviks, pada intinya sedikit rasa sakit saya rasa, saya langsung takut dan cemas kalau-kalau itu adalah sebuah penyakit yang berbahaya”, yang pada akhirnya dalam menjadi kehidupan sehari-hari anda menjadi terganggu.

Jika gangguan ini terus berkembang, dan anda tidak berusaha untuk mengontrolnya maka gangguan yang anda alami akan berkembang menjadi somatoform disorder. Jika sudah seperti itu, maka anda membutuhkan bantuan tenaga professional untuk membantu anda.

Apa yang harus saya lakukan dalam menghadapi ini ?

yang bisa anda lakukan adalah pertama, mulai berolah raga dengan baik dan teratur serta menjaga pola makan dengan asupan gizi yang seimbang. Hal ini berguna untuk menjaga metabolism tubuh anda. Sehingga tubuh anda menjadi prima.

Kedua, Apabila gangguan serangan cemas akan rasa sakit menyerang anda, katakana pada diri anda stop, lalu lakukan relaksi dengan cara mengatur aliran nafas anda.

Ketiga, Lakukan lah medical check up 1 tahun 1 kali, secara rutin. Dengan harapan anda dapat mengetahui kondisi fisik anda yang sebenarnya (membuat anda tenang), dan melakukan langkah pencegahan jika ditemukan penyakit dalam diri anda.

Keempat, buat lah setiap harinya. Sehingga anda memiliki gol dan focus, biasanya pikiran akan terus menghantui anda, disaat anda tidak focus.

Kuncinya : self talk “tubuh saya sehat, dan saya baik-baik saja”. (katakan pada diri anda, setiap hari saat anda bercermin setiap saat, dan katakan juga “indahnya hari ini, saya bersyukur karena tuhan masih mengijinkan saya menikmati setiap karuniaNya”.

Powered by WPeMatico

Leave a Reply